BSWlBUr8TSY0Tfd8GpW0GSzlTd==

Babinsa Tunjuk Hadiri Paruman Adat Perkokoh Nilai-Nilai Budaya Bangsa

TABANAN - Dimana Bumi di Pijak Disitulah Langit Dijunjung” Semboyan tersebut sangat terpatri dihati sanubari seorang anggota TNI dimanapun mereka berada dan bertugas, Demikian juga halnya yang senantiasa diterapkan oleh para Babinsa sebagai aparat kewilayahan yang berada di tengah-tengah masyarakat.

Babinsa diharapkan selalu memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat didalam mengemban tugas pokok TNI untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga para babinsa selalu hadir ditengah-tengah masyarakat guna menjaga persatuan dan kesatuan dan merawat kebhinekaan.

Kegiatan Babinsa yang sering kita jumpai di wilayahnya akan hadir dalam setiap kegiatan masyarakat apapun bentuknya tanpa adanya batasa-batasan tertentu seperti suku, agama, ras maupun golongan, semua warga negara sama di mata mereka memiliki hak untuk mendapat pengayoman dan perlindungan dari TNI sesuai dengan amanat Undang-undang tentunya sesuai tingkatan wilayah tugasnya masing-masing.

Seperti halnya aktifitas Babinsa di Desa Tunjuk Koramil 1619-01/Tabanan pada Jumat (09/06/2023) saat menghadiri Paruman Adat di Desanya, Babinsa Hadir bersama Bhabinkamtibmas memberikan pengayoman dan perlindungan dalam setiap aktifitas warganya sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat memberikan nilai positif untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Menurut  Babinsa Desa Tunjuk SERDA I Gusti Made S., memberikan keterangan bahwa dirinya hadir bersama Bhabinkamtibmas dalam kegiatan desa adat tunjuk yaitu  paruman/rapat adat pembahasan tentang  Prahyangan, Palemahan dan Pawongan di Desa Adat Tunjuk.

Kegiatan tersebut merupakan Paruman/rapat penyamaan persepsi terkait Tri Hita Karana yang dijaga dan dilestarikan oleh warga masyarakat adat termasuk desa adat tunjuk yaitu 3 hal penting diantaranya Prahyangan, Palemahan dan Pawongan yang diatur sedemikian rupa dengan aturan-aturan adat setempat.

Dirinya hadir dan memberikan suport dukungan atas kegiatan yang melibatkan semua unsur masyarakat adat diantaranya hadir Jro mangku khayangan adat Desa Tunjuk, Bendesa Adat beserta Prajuru desa adat, Kerta desa & saba desa Adat Tunjuk, kelian Banjar Adat Se Desa Adat Tunjuk, Prajuru Pecalang Desa Adat Tunjuk, Ketua LPD Desa Adat Tunjuk, Ketua Bakamda Desa adat Tunjuk.***

Sumber : JesPutra
Editor : Redaksi

Komentar0

Type above and press Enter to search.