BSWlBUr8TSY0Tfd8GpW0GSzlTd==

Dorong Semangat Belajar Warga Binaan, 26 Anak Didik LPP Kerobokan Lulus Sekolah Merdeka Jegeg

DENPASAR - Walaupun berada di Lembaga Pemasyarakatan, namun semangat berlajar Wargaa Binaan LPP Kerobokan tidak pernah putus. Alhasil sebanyak 26 wbp anak didik/peserta Sekolah Merdeka Jegeg laksanakan acara kelulusan dan terima ijazah dalam Acara Pelepasan Warga Belajar PKBM Niti Mandala Club Tahun Ajaran 2022/2023. Acara pelepasan dilaksanakan di Aula Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Jumad (09/06/2023). 

Kegiatan pelepasan warga belajar dan kelulusan ini merupakan hasil dari jalinan kerja sama antara Lapas Perempuan Kelas II A Kerobokan dengan Yayasan Gerasan dan PKBM Niti Mandala Club. Kegiatan pemberian hak pendidikan kepada warga binaan tersebut dikenal dengan Sekolah Merdeka Jegeg yang merupakan wadah bagi warga binaan untuk bisa mengenyam pendidikan yakni kejar Paket A, B, dan C. Warga binaan selama 1 tahun telah mengikuti kegaiatan belajar mengajar di dalam Lapas yakni kejar paket untuk bisa memperoleh ijasah atau bukti kelulusan/tamat belajar. Sebanyak 15 wbp menerima ijasah kejar Paket A atau setara SD, 3 wbp menerima ijasah kejar paket B atau setara SMP, dan 8 wbp menerima ijasah kejar paket C atau setara SMA.

Dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Kalapas Perempuan Kelas II A Kerobokan, dan undangan lainnya. 

Kegiatan pelepasan ini dibuka dengan penampilan dari LIP Band dan Tari Medle Nusantara yang merupakan band warga binaan Lapas Perempuan Kelas II A Kerobokan. Selanjutnya Kalapas Perempuan Kerobokan menyampaikan Acara pelepasan warga belajar kali ini mengambil tema yakni You Are Never Walk Alone.

"Walaupun di tengah keterbatasan, kami Lapas Perempuan Kerobokan senantiasa berupaya untuk tetap memenuhi hak pendidikan Warga Binaan Pemasyarakatan kami, salah satunya dengan melaksanakan kerja sama yang luar biasa dengan Yayasan Gerasa dan PKBM Niti Mandala Club. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kerobokan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PKBM Niti Mandala Club atas seluruh perjuangan dan jasa yang telah bapak/ibu berikan kepada anak didik Warga Binaan Pemasyarakatan LPP Kerobokan kami” ucap Andiyani, Kalapas Perempuan Kelas II A Kerobokan dalam sambutannya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali terus mendorong semangat belajar peserta didik WBP, dalam hal ini Kakanwil juga memberikaan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselenggaranya program kegiatan pemberian hak pendidikan kepada warga binaan.

"Hal ini tentunya dapat memberikan kesempatan kepada seluruh anak didik Warga Binaan LPP Kerobokan yang belum tuntas dalam mengenyam pendidikan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan mereka sehingga ketika keluar dari lapas, dapat digunakan untuk melamar pekerjaan sehingga menjadi bekal hidup untuk diri beserta keluarganya di masa depan nanti" ujar Anggiat. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman Siswa Terbaik dan Penyerahan kalung medali serta Raport. Acara ditutup dengan Pesan dan kesan dari perwakilan warga binaan peserta didik Sekolah Merdeka Jegeg. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol Kesehatan.***

Komentar0

Type above and press Enter to search.